PGSD Berkarya: Serunya Belajar Karya Tulis Ilmiah

PELATIHAN KARYA TULIS ILMIAH HIMAGUSEDA
PROGRAM KERJA DEPERTEMEN PENDIDIKAN
2018



Himaguseda atau Himpunan Mahasiswa Guru Sekolah Dasar, merupakan salah satu organisasi mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Salah satu depertemen dari Himaguseda Kabinet Kerja yaitu depertemen pendidikan telah melaksanakan Agenda kerja pelatihan karya tulis ilmiah yang bertemakan Meningkatkan Kreativitas mahasiswa PGSD melalui pelatihan karya tulis ilmiah. Program kerja ini dikhususkan untuk mahasiswa PGSD yang dilaksanakan pada hari sabtu tanggal 21 April 2018 di tempat kampus C di ruangan CR 1-05, dimulai pada pukul 08.00 WIB. Alhamdulillah program kerja ini berjalan dengan lancar karena berkat bantuan dari berbagai pihak serta antusias mahasiswa PGSD FKIP Untirta.
Pelatihan Karya Tulis Ilmiah ini mempunyai tujuan agar menumbuhakan minat mahasiswa PGSD dalam menulis karya tulis ilmiah, mengetahui tentang tata cara penulisan dalam karya tulis ilmiah serta meningkatkan minat mereka untuk ikut serta dalam lomba-lomba yang berkaitan dengan karya tulis ilmiah. Seperti yang  telah diketahui bersama bahwa masih ada sebagian mahasiswa PGSD yang belum mengetahui apa itu karya tulis ilmiah dan bagaimana tata cara penulisan yang benar serta yang sering dialami yaitu bagaimana menemukan judul yang menarik dan menumbuhkan minat pembaca karena rasa ingin tahunya. Oleh karena itu kegiatan program kerja ini direncanakan dan dilaksanakan.
  Panitia berkumpul pada pukul 06.30 langsung menyiapkan segala kebutuhan acara seperti memasang sound system, bendera HIMAGUSEDA dan bendera merah putih, proyektor dan yang lain sebagainya sedangkan peserta datang pukul 07:00 ada juga yang datang pukul 08:00-09:00. Acara pembukaan dimulai pukul 08.00 dengan membaca Basmallah dan doa. kemudian pembacaan Tilawah Qur'an setelah itu sambutan dari Ketua pelaksana yaitu Mufih Kur’ani Haqih dan sambutan Ketua umum HIMAGUSEDA yaitu Rialdi Galih Putra. Lalu menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Untirta, yang diikuti oleh panitia dan peserta. Setelah pembukaan acara selesai selanjutnya pembawa acara menyerahkan acara inti kepada moderator yaitu Qiti Sukaenah mahasiswi semester 6 PGSD FKIP Untirta dan selanjutnya langsung ke pemateri yaitu Rina Yuliana, M.Pd. 


 Sebelum memulai materi, pemateri memberikan motivasi terlebih dahulu agar peserta lebih bersemangat dalam menggapai tujuan hidup dan langsung memulai materi terkait karya tulis ilmiah dari pengertian, jenis-jenis karya tulis dan sistematika penulisan karya tulis.



Setelah pemberian materi tersebut selesai. Dilanjutkan dengan simulasi  dimana peserta diperkenankan untuk duduk berkelompok dan setiap kelompok diperkenankan untuk menentukan judul yang menarik dalam penulisan karya tulis ilmiah.  Sebelumnya pemateri menyampaikan terlebih dahulu bagaimana caranya agar menemukan judul yang menarik dengan menampilkan judul-judul  karya ilmiah yang telah lolos PKM (Pekan Kreatif Mahasiswa) dari tahun-tahun sebelumnya.
 

Bukan selesai sampai pembuatan judul saja, pemateri yakni Bu Rina Yuliana, M.Pd memberikan arahan dan semangat kepada peserta untuk melanjutkan karya tulis ilmiah ini dengan sungguh-sungguh agar bisa ikut serta berpartisipasi pada lomba karya tulis ilmiah. Bahkan, setiap kelompok harus bisa mengikuti lomba PKM (Pekan Kreativitas Mahasiswa) pada tahun ini. Semoga dengan diadakannya pelatihan Karya tulis ilmiah ini bisa meningkatkan kreativitas, kemauan, dan percaya diri mahasiswa PGSD FKIP Untirta Acara demi acara Alhamdulillah berjalan dengan lancar dan kondusif. Moderator, pemateri dan fasilisator yaitu Bu Dra. istinganatul Ngulwiyah., MM.Pd  masing-masing memperoleh cendramata dari panitia sebagai bentuk penghargaan dan apresiasi.



Setelah acara selesai ada sesi foto bersama panitia dan peserta.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Singkat HIMAGUSEDA

OPEN RECRUITMENT HIMAGUSEDA KABINET ADHIRAJASA

Congratulations Fauziah Nuraini