Seputar Untirta

KATA PENGANTAR

Puji dan Syukur Penulis Panjatkan ke Hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat limpahan Rahmat dan Karunia-Nya sehingga penulis dapat menyusun makalah ini tepat pada waktunya. Makalah ini membahas hubungan antropologi dan sosiologi.


Dalam penyusunan makalah ini, penulis banyak mendapat tantangan dan hambatan akan tetapi dengan bantuan dari berbagai pihak tantangan itu bisa teratasi. Olehnya itu, penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini, semoga bantuannya mendapat balasan yang setimpal dari Tuhan Yang Maha Esa.

Penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan baik dari bentuk penyusunan maupun materinya. Kritik konstruktif dari pembaca sangat penulis harapkan untuk penyempurnaan makalah selanjutnya.

Akhir kata semoga makalah ini dapat memberikan manfaat kepada kita sekalian.


Serang, 8 Juli  2014


Penulis









Daftar Isi

Kata Pengantar            ...............................................................................i
Daftar Isi             ........................................................................................ ii
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Sejarah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa ....................................................... 1
1.2 Sejarah FKIP Untirta      …………………………………..........…….................. 2
1.3 Visi FKIP Untirta             ........................................................................................ 4
1.4 Misi FKIP Untirta            ........................................................................................ 4
1.5 Tujuan FKIP Untirta .............................................................................................. 4
BAB II TENTANG FKIP
2.1 Ormawa FKIP Untirta 2013-2014  ........................................................................ 6
2.2 Struktur FKIP Untirta  ........................................................................................... 6
BAB III PRODI DAN FASILITAS FKIP
3.1 Profil Prodi dan jurusan FKIP    ........................................................................... 7

Daftar Pustaka
Lampiran











BAB I
PENDAHULUAN
1.1            Sejarah Untirta
Universitas Sultan Ageng Tirtayasa disingkat Untirta, adalah PTN (Perguruan Tinggi Negeri) yang terdapat di Provinsi Banten, Indonesia. Dengan kampus utama di Serang dan kampus Fakultas Teknik yang berada di Cilegon.
Universitas Sultan Ageng Tirtayasa merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri No. 1 di Indonesia yang berada di Provinsi Banten. Universitas ini dididrikan oleh orang-orang yang memiliki keinginan untuk memajukan dunia pendidikan di Banten. Universitas ini sudah memiliki prestasi-prestasi yang membanggakan di nasional dan terus akan melakukan prestasinya di dunia international. Selaku Perguruan tinggi, mahasiswa dan dosen juga akan melakukan penelitian-penelitian yang mengarah ke berbagai bidang untuk kemajuan bangsa Indonesia di tahun-tahun ke depan.
Sejarah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa dimulai dari Yayasan Pendidikan Tirtayasa yang didirikan tanggal 1 Oktober 1980, berkedudukan di Serang, Banten. Pendirian yayasan ini dikukuhkan berdasarkan Akte Notaris Rosita Wibisono, SH. No. 1 tanggal 1 Oktober 1980, yang kemudian diadakan perubahan melalui Akte Notaris Ny. R. Arie Soetardjo, SH. No. 1 tanggal 3 Maret 1986. Maksud dan tujuan pendirian yayasan ini adalah :
  • Membantu usaha-usaha pemerintah dalam bidang pendidikan umum.
  • Mendirikan sekolah-sekolah mulai dari taman kanak-kanak sampai dengan perguruan tinggi, termasuk juga sekolah-sekolah kejuruan.
  • Merencanakan dan mengusahakan sarana pendidikan, serta sarana olah raga.
Nama Sultan Ageng Tirtayasa diambil dari nama pahlawan nasional yang berasal dari Banten yaitu Sultan Ageng Tirtayasa (Kepres RI Nomor: 045/TK/1970), nama asli Sultan Ageng Tirtayasa adalah Abdul fathi Abdul Fatah pewaris Kesultanan Banten keempat, yang secara gigih menentang penjajahan Belanda dan berhasil membawa kejayaan dan keemasan Banten. Kata Tirtayasa sendiri berarti air mengalir (sansekerta)

Pada awalnya Yayasan Pendidikan Tirtayasa Banten menaungi Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH), Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) dan Sekolah Tinggi Teknik (STT). Didirikannya Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) pada tanggal 1 Oktober 1980 disepakati sebagai tanggal kelahiran untirta, sehingga secara Dies Natalis Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) dilaksanakan tanggal 1 Oktober.

Untirta merupakan penggabungan dari STIH, STT dan STKIP, yang berdasarkan Surat Keputusan Mendikbud RI Nomor : 0596/0/1984 tanggal 28 Nopember 1984 ditingkatkan statusnya menjadi: Fakultas Hukum, Fakultas Teknik serta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Selanjutnya dengan keputusan Mendikbud RI Nomor: 0597/0/1984 ketiga Fakultas tersebut ditetapkan dengan status terdaftar.
 Kemudian Untirta berkembang dengan berdirinya Fakultas Pertanian dan Fakultas Ekonomi berturut-turut dengan Surat Keputusan Mendikbud RI Nomor : 0123/0/1989 tanggal 8 Maret 1989 dan Nomor: 0331/0/1989 tanggal 30 Mei 1989, masing-masing dengan status terdaftar. Selanjutnya pada tanggal 13 Oktober 1999 keluar Keputusan Presiden Republik Indonesia No.130 tentang Persiapan Pendirian Universitas Negeri Sultan Ageng Tirtayasa. Dengan keluarnya Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 32 tanggal 19 Maret 2001, maka Universitas Sultan Ageng Tirtayasa menjadi Perguruan Tinggi Negeri di lingkungan Departemen Pendidikan Nasional. Tahun 2002 berdiri Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP).
Dengan demikian Untirta terdiri dari 6 (enam) Fakultas yaitu Fakultas Hukum (FH), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Teknik (FT), Fakultas Pertanian (Faperta), Fakultas Ekonomi (FE) serta Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP).  Dengan lokasi di serang 5 (lima) Fakultas dan di cilegon khusus (fakultas teknik).
PEJABAT UNIVERSITAS SULTANG AGENG TIRTAYASA
Rektor                                          : Prof. Dr. H. Sholeh Hidayat, Mpd
Wakil Rektor 1                            : Dr. Benny Irawan, SH., MH., M.Si
Wakil Rektor II                           : Dr. Hj. Yeyen Maryani., M.Si
Wakil Rektor III                         : Drs. H. Hidyatullah haila, MM
Wakil Rektor IV                         : Dr. Fatah Sulaiman, ST., MTa
1.2  SEJARAH FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP)
Pada awal berdiri, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan membina 2 (dua) program studi yaitu : Program Studi Administrasi Pendidikan (Adpend) dan Program Studi Pendidikan Luar Sekolah (PLS) dengan jenjang pendidikan Sarjana (S.1). Kedua program studi ini dengan status terdaftar dengan Nomor : 377/DIKTI/KEP/1992.
Program studi Pendidikan Luar Sekolah (PLS) berlokasi di Serang, dan Program Studi Administrasi Pendidikan di Pandeglang. Program Studi Administrasi Pendidikan mengalami fisingout oleh pemerintah, sehingga sejak tahun 1987 sampai dengan sekarang tidak menerima mahasiswa baru lagi. Pada masa menjelang fisingout tersebut tercetus ide bersama untuk mengganti program studi dan berdirilah Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia pada tahun 1986 (pemrakarsanya Drs. Hendriyana; Drs. Suherman dan Drs. Siswara). Karena ada beberapa kendala untuk mengurus status akreditasinya, maka Program Studi Diksatrasia bermerger dengan STKIP Galuh Ciamis. Sesuai dengan dinamika yang terjadi Program Studi Diksatrasia pada tahun 1990 beralih lokasi Operasional perkuliahan dari Pandeglang ke Serang sampai dengan sekarang. Baru pada tahun 1994 Prodi Diksatrasia memperoleh status terdaftar dengan surat keputusan Mendikbud RI nomor: 226/DIKTI/KEP/1992.
Tuntutan kebutuhan masyarakat terus berkembang terhadap FKIP dan untuk menjawab hal itu, maka pada tahun 1994 dibuka Program Pendidikan Guru Taman Kanak-kanak (PGTK) dengan surat keputusan yayasan Pendidikan Tirtayasa. Berikutnya, pada tahun 2002 dibuka juga Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S.1) dengan izin operasional Dikti Depdiknas RI nomor : 1254/D/T/2003. Berikutnya lagi pada tahun 2003 dibuka kembali dua Program Studi yakni Pendidikan Biologi dan Pendidikan Matematika sekaligus mengusulkan status D.2 PGTK dan keluarlah “izin operasional” ketiga program studi itu dengan surat keputusan Dirjen Dikti Depdiknas RI nomor: 2098/D/T/2004, pada perkembangan berikutnya, yakni tahun 2005 FKIP mengusulkan program studi PGSD dan peningkatan kualifikasi dari D-2PGTK diusulkan menjadi S-1PG PAUD. Baru tahun 2009 keluarlah izin operasional PGSD S-1 dengan surat keputusan Dirjen Dikti Depdiknas RI nomor: 1151/D/T/2009 tanggal 15 juni 2009. Sekarang program D.2 PGTK telah diubah menjadi Program S.1 PG PAUD dengan surat keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor: 105/D/O/2010.
Dengan demikian, sampai dengan tahun 2013, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Untirta  memiliki 3 (tiga) jurusan dan tujuh program studi yaitu:
1. Jurusan
1. Program Studi Pendidikan Luar Sekolah (PLS)
2. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
3. Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini
4. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
5.  Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris:
6. Program Studi Pendidikan Matematika
7.  Program Studi Pendidikan Biologi.
8. 11 prodi baru

1.3       Visi Fkip Untirta
Menjadikan FKIP sebagai LPTK Penghasil dan Pengembang Tenaga Pendidik dan Kependidikan yang Maju, Bermutu, dan Berkarakter.

1.4       Misi Fkip Untirta
  1. Melaksanakan peningkatan dan pengembangan pendidikan dan perkuliahan yang memenuhi standard.
  2. Melaksanakan peningkatan dan pengembangan penelitian yang berkualitas, produktif dan kebermanfaatan bagi stakeholder.
  3. Melaksanakan peningkatan dan pengembangan pengabdian masyarakat yang melembaga.
  4. Menghasilkan lulusan yang bermutu dan berkarakter sehingga mampu melakukan pengembangan ilmu keguruan dan pendidikan serta mampu melaksanakan tugas pada jalur, jenjang dan jenis pendidikan.
  5. Melakukan peningkatan dan pengembangan jejaring kerjasama/kemitraan yang sinergis dan terkoordinasi dengan berbagai pihak yang relevan.
  6. Meningkatkan dan mengembangkan pemberdayaan ICT untuk mendukung ketercapaian
  7. visi.
1.5       Tujuan Fkip Untirta
  1. Menghasilkan lulusan sebagai calon pendidik/tenaga kependidikan yang bermutu dan berkarakter.
  2. Menghasilkan lulusan sebagai calon pendidik/tenaga kependidikan yang memiliki kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian dan sosial yang handal.
  3. Menghasilkan lulusan sebagai calon pendidik/tenaga kependidikan yang berwawasan global sehingga mempunyai daya saing tinggi.
  4. Menghasilkan lulusan sebagai calon pendidik/tenaga kependidikan yang mampu mengaplikasikan dan mengembangkan ilmunya dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara untuk kemaslahatan umat manusia.
  5. Menghasilkan kajian-kajian ilmiah, khususnya dalam pendidikan dan keguruan, baik yang bersifat penemuan maupun pengembangan.


BAB II
TENTANG FKIP
2.1  Ormawa FKIP Untirta
1.      BEM FKIP
2.      DPM FKIP
3.      HIMA PLS
4.      HIMATIKA
5.      HIMA BIOLOGI
6.      ESA
7.      HIMA DIKSATRASIA
8.      HIMAGUSEDA
9.      HIMA PGPAUD
10.  BELISTRA
11.  LSIP

2.2 Struktur FKIP
Pimpinan Fakultas

Written by Admin FKIP   
Dekan                                                                         : Drs. H. Suherman, M.pd
Wakil Dekan I                                                           : Dr. Yudi Juniardi, M.pd
Wakil Dekan II                                                          : Dr. Yayat  Rukhiat, M.Si
Wakil Dekan III                                                        : Asep Muhyidin, S.Pd., M.pd
Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa                         : John Pahamzah, S.Pd., M.Pd
Ketua Jurusan MIPA                                               : Najmi Firdaus, S.Si., M.P.d
Ketua Jurusan Ilmu pendidikan                             : Drs. H. Sholih, M.Pd
Ketua Program Studi Luar Sekolah                       : Drs. Irwan Djumen, M.Pd
Ketua Program Studi Bhs Ind.                                : Dodi Firmansyah, S,Pd., M.Pd
Ketua Program Studi Pend Bhs Inggris                 : Sutrisno S.Evendy, S.Pd., M.Pd
Ketua Program Studi Pend Matematika                : Nurul Andriani. S,Si. M.Pd
Ketua Program Studi Pend Biologi                         : Evi Amelia, S.Si., M.Si
Ketua Program Studi PAUD                                   : Evi Afiati, S.Pd., M.Pd
Ketua Program Studi  PGSD                                  : Nana Hendra Cipta, S.Pd., M.Pd
4 (EMPAT) PILAR KEBANGSAAN
1.      PANCASILA
2.      UNDANG-UNDANG
3.      NKRI
4.      BHINEKA TUNGGAL IKA

v  TRI DHARMA PERGURUAN TINGGI
1.      PENDIDIKAN
2.      PENELITIAN
3.      PENGABDIAN

v  SUMPAH MAHASISWA INDONESIA
KAMI MAHASISWA INDONESIA BERSUMPAH BER TANAH AIR 1 (SATU) TANAH AIR TANPA PENINDASAN
KAMI MAHASISWA INDONESIA BERSUMPAH BER BANGSA 1 (SATU) BANGSA YANG GANDRUM AKAN KEADILAN
KAMI MAHASISWA INDONESIA BERSUMPAH BER BAHASA 1 (SATU) BAHASA KEBENRAN TANPA KEMUNAFIKAN
v  SUMPAH SOLIDARITAS
KITA ADALAH SATU
TIDAK ADA PERBEDAAN DIANTARA KITA
DIAM TERTINDAS ATAU BANGKIT MELAWAN
KARENA MUNDUR ADALAH SEBUAH PENGHIANATAN



v  MARS UNTIRTA
BANGKITLAH SEMUA MAHASISWA UNTIRTA
PERGURUAN TINGGI KITA,
DENGAN SEMBOYAN MAJU TERUS
 DALAM MENUNTUT ILMU,
 SENANTIASA SLALU LAKSANAKAN
TRIDARMA PERGURUAN TINGGI
 PENGEMBAN PENGAMAL PANCASILA DAN
UNDANG-UNDANG DASAR 45.
 SIAP MEMBANTU DALAM PEMBANGUNAN DI SEGALA BIDANG,
 DEMI NUSA BANGSA TERCINTA INDONESIA MERDEKA.

UNTIRTA UNTIRTA UNIVERSITAS TIRTAYASA DENGAN SATU CITA MULIA UNTIRTA TETAP JAYA (2X)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Singkat HIMAGUSEDA

OPEN RECRUITMENT HIMAGUSEDA KABINET ADHIRAJASA

Congratulations Fauziah Nuraini