Sejarah Singkat HIMAGUSEDA

SEJARAH SINGKAT HIMPUNAN MAHASISWA JURUSAN
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

Identitas Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar :
Program  Studi                     : Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas                                : Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Perguruan Tinggi                  : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Ketua Jurusan                       : Nana Hendracipta, M. Pd
Sekretaris jurusan                 : Ahmad Syachruroji, M. Pd
Pembina HIMAGUSEDA    : Encep Andriana, M. Pd


Visi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Pada tahun 2025 menjadikan Jurusan PGSD  yang mampu menghasilkan lulusan tenaga pendidik dan kependidikan formal, nonformal dan informal yang bermutu dan berkarakter unggul.

Misi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Misi Jurusan PGSD dilaksanakan secara bertahap melalui berbagai kegiatan proses pendidikan di setiap semester hingga tahun 2025, dengan rincian misi sebagai berikut :
1.      Melaksanakan layanan kegiatan proses Pendidikan (pembelajaran, bimbingan dan atau pelatihan) yang lengkap, relavan dan bermutu dengan menggunakan berbagai pendekatan, strategi dan metode.
2.      Menyediakan tenaga pendidik (dosen) dan tenaga kependidikan yang professional sesuai dengan tuntutan kurikulum dan beban kerja masing-masing.

Seputar Jurusan
Di UNTIRTA sendiri, jurusan PGSD yang diresmikan sejak tahun 2009 silam, menempati tingkat atas sebagai salah satu jurusan yang paling diminati oleh para bakal calon mahasiswa. PGSD masuk ke dalam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dalam tataran universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Jurusan yang dipimpin oleh Bapak Nana Hendracipta, selaku Ketua Jurusan PGSD itu sendiri. PGSD memiliki pakaian atau seragam khusus yang dikenakan oleh mahasiswanya dalam melaksanakan kegiatan akademik di kampus. Memiliki kemampuan dan inovasi yang tinggi dalam menciptakan beragam media pembelajaran.
Tidak kalah dengan mahasiswa jurusan lain, para mahasiswa PGSD juga mampu bersaing dengan mahasiswa lain. Banyak mahasiswa PGSD yang berperan aktif dalam UKM (Unit Kegiatan Mahasiwa) yang ada di UNTIRTA, mahasiswanya pun tak kalah bersaing dalam hal akademik, karena mahasiswa PGSD berhasil menorehkan hasil memuaskan dengan mengirim utusannya sebagai mahasiswa berprestasi di tingkat UNTIRTA, mengirim mahasiswanya untuk mengikuti KKM Kebangsaan dan mahasiswanya pun tak kalah bersaing di tingkat nasional, karena PGSD mengirim tiga orang mahasiswa untuk mengikui program SM3T.
Dalam hal organisasi, PGSD memiliki Himpunan Mahasiswa Guru Sekolah Dasar yang seding disebut dengan HIMAGUSEDA. Organisasi ini berusaha menjalin komunikasi yang baik antara para mahasiswanya dengan dosen-dosen di jurusan PGSD. HIMAGUSEDA juga menjadis arana untuk menjalin komunikasi dengan himpunan mahasiswa di jurusan lain, khususnya yang masih di lingkungan FKIP. Di awal pembentukan HIMAGUSEDA masih berupa Lembaga Semi Otonom yang dipimpin oleh mahasiswi bernama Ani, sehingga akhirnya terbentuklah HIMAGUSEDA sebagai organisasi mahasswa jurusan yang memiliki pengakuan secara sah di tingkat Fakultas.
HIMAGUSEDA pun telah berhasil menjalankan beberapa kegiatan yang tidak hanya melibatkan mahasiswa yang berada dalam lingkungan kampus, tetapi juga melibatkan masyarakat disekitar luar lingkungan kampus UNTIRTA. Beberapa contoh kegiatan yang telah berhasil HIMAGUSEDA jalankan : POWER (PGSD Olah Wawasan, Edukasi dan Rasa), LK (Latihan Kpemimpinan) 1, Seminar Pendidikandan Motivasi, Bina Desa/HIMAGUSEDA Mengabdi, Gebyar PGSD, Calon Guru (Cagur) Competetion, Perlombaan Tingkat Sekolah Dasar, dsb.

KABINET, KETUA UMUM DAN WAKIL KETUA UMUM HIMAGUSEDA
1.      LSO PGSD (2010)                                    : Ani
2.      KABINET GOTONG ROYONG (2011)  : Sri Rizki
3.      KABINET PEDULI (2012)                       : Suhendi & Ermaniatu Nyihana
4.      KABINET ADIKARYA (2013)                 : Sri Wulandari & Yonia Ilma Isyira
5.      KABINET REVOLUSIONER (2014)       : Fiqri Al Faruq & Astri Setriarini
6.      KABINET APIK (2015)                             : Nursyamsi Rahmat & Feni Pratiwi
7.      KABINET NYATA (2016)                          : Zakie Maulana Akbar & Wisnu Frediansyah
8.      KABINET PRO-AKSI (2017)                    : Asri Vidiyauni & Anisa Khayati Nur Kafah
9.      KABINET KERJA (2018)                          : Rialdi Galih Putra & Audita Alfianti


HIMAGUSEDA Kabinet Kerja 2018 - 2019

Komentar

Postingan populer dari blog ini

OPEN RECRUITMENT HIMAGUSEDA KABINET ADHIRAJASA

Congratulations Fauziah Nuraini