Himaguseda Mengabdi 2019 : Serunya Mengabdi di Kampung Gosali





Himaguseda atau Himpunan Mahasiswa Guru Sekolah Dasar, merupakan salah satu organisasi mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Dalam kepengurusan tahun ini Himaguseda telah melaksanakan berbagai agenda dan program kerja, salah satu program kerja yang telah dilaksanakan adalah Himaguseda Mengabdi. Sebelumnya Himaguseda kabinet Progresif ini juga telah melaksanakan kegiatan pelatihan-pelatihan, seperti Pelatihan Desain, Pelatihan Karya Tulis Ilmiah, dan Pelatihan Microsoft Excel. 

Himaguseda mengabdi merupakan suatu kegiatan yang dinaungi oleh departemen pendidikan yang bertema "Mengabdi untuk Menjalin Silaturahmi serta Mengelola Sumber Daya Alam dan Memberdayakan Masyarakat Gosali". Kegiatan ini dilaksanakan selama seminggu dari tanggal 22 - 28 Juli 2019. Himaguseda Mengabdi ini dilaksanakan di Kp. Gosali, RT/RW 12/06, Kecamatan Padarincang, Kelurahan Kadu kempong, Serang-Banten. Kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan pendidikan karakter bagi masyarakat khusunya bagi anak yang duduk di bangku Taman Kanak-kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD), merubah paradigma masyarakat tentang pentingnya sebuah kebersamaan dan mempererat tali silaturahmi,  melatih jiwa sosial pada diri mahasiswa PGSD, tumbuhnya sikap empati mahasiswa PGSD terhadap masyarakat, dan tentunya melaksanakan program kerja Himaguseda Kabinet Progresif 2019.

Himaguseda Mengabdi yang bertema“Mengabdi untuk Menjalin Silaturahmi serta Mengelola Sumber Daya Alam dan Memberdayakan Masyarakat Gosali” yang dilakukan ini berupa pengabdian kepada masyarakat, yang ditujukan kepada masyarakat disebuah desa yang masih tertinggal dalam bidang pendidikannya. Adapun contoh kegiatan yang  kami adakan adalah sosialisasi kesehatan mengenai air bersih dan sanitasi serta bahaya merokok, sosialisasi pendidikan, sosialisasi kewirausahaan, sosialisasi pengembangan umkm, mengajar sekolah SD Gosali, bakti sosial, kerja bakti, berkebun dengan masyarakat Gosali, sekolah alam, pembuatan emping bersama ibu-ibu masyarakat Gosali,mengadakan berbagai macam perlombaan, dan mengadakan malam puncak sebagai penutupan kegiatan Himaguseda Mengabdi 2019. 

Keberangkatan HIMAGUSEDA MENGABDI 2019 di kampus FKIP UNTIRTA

Rangkaian kegiatan penyuluhan kesehatan oleh Ibu Hj. Lili Amaliah, SKM,.M.M,Kes,.DNM. dan  Ibu Eti Suryati, S.Kep,.Ners,.M,.Kes

Rangkaian kegiatan penyuluhan pengembangan UMKM oleh Ibu Rina Yuliana, M.Pd

Rangkaian kegiatan penyuluhan Kewirausahaan oleh Bapak Jatnika,SE

Rangkaian Kegiatan penyuluhan Pendidikan oleh Teh Geby Ayu Fadilah, S.Pd

Rangkaian kegiatan mengajar yang dilakukan oleh Panitia di SDN Gosali

Kegiatan Sekolah Alam setiap sore di lingkungan Gosali




Kegiatan senam bersama masyarakat Kp. Gosali

Pembuatan keripik emping bersama masyarakat Kp. Gosali

Rangkaian kegiatan perlombaan yang dilaksanakan di masjid Kp. Gosali dan  lapangan SDN Gosali

Berkebun bersama masyarakat Kp. Gosali

Kegiatan bakti sosial berupa pembagian baju layak pakai kepada warga

Kegiatan nonton bersama masyarakat Kp. Gosali


 Rangkaian penampilan dan pembagian hadiah dalam acara malam puncak penutupan Himaguseda Mengabdi di halaman rumah warga



Ini bukan pertama kali Himaguseda melaksanakan pengabdian di Kp. Gosali, tahun sebelumnya Himaguseda juga melaksanakan pengabdian disini. Antusias yang diberikan masyarakat turut menyukseskan acara Himaguseda Mengabdi 2019 ini. Terima kasih kepada dosen, panitia, tokoh masyarakat, dan semua yang telah membantu agar acara Himaguseda Mengabdi 2019 ini berjalan dengan lancar. 




















Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Singkat HIMAGUSEDA

OPEN RECRUITMENT HIMAGUSEDA KABINET ADHIRAJASA

Congratulations Fauziah Nuraini